9 Teknik Budidaya Lebah Trigona yang Penting diketahui

9 Teknik Budidaya Lebah Trigona yang Penting diketahui

Teknik Budidaya Lebah Trigona – Lebah trigona adalah jenis lebah yang memiliki banyak keuntungan dari segi nilai ekonomi. Tingginya nilai ekonominya, membuat teknik budidaya lebah trigona juga menjadi hal yang sangat banyak dicari tahu masyarakat kini. Khususnya bagi para peternak lebah yang ingin meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

Salah satu cara terbaik yang bisa dicoba adalah dengan beralih membudidayakan lebah trigona daripada lebah pada umumnya. Namun sebelum anda bisa membudidayakan lebah trigona ini, anda perlu tahu teknik-teknik penting dalam membudidayakannya.

Teknik Budidaya Lebah Trigona

Teknik Budidaya Lebah Trigona

Pernahkah anda tahu apa saja teknik budidaya lebah trigona yang perlu diperhatikan? Jika anda belum pernah mengetahui ini sebelumnya, kalian bisa mempelajarinya pada pembahasan di bawah ini.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai teknik budidaya yang tepat dari lebah trigona. Apa saja teknik budidaya tersebut? Simak penjelasannya pada bagian di bawah ini!

Seperti yang sudah disebutkan di atas, anda harus mengetahui beberapa hal dengan pasti sebelum membudidayakannya. Hal-hal tersebut yang akan dijelaskan menjadi 9 teknik budidaya lebah trigona. Jadi pelajari terlebih dahulu penjelasannya pada daftar di bawah ini.

1. Jangan Salah Membedakan Lebah yang Ingin Dibudidayakan

Jika anda ingin membudidayakan lebah trigona, maka anda harus tahu membedakannya dari lebah lain terlebih dahulu. Pastinya, lebah trigona atau yang dikenal juga sebagai lebah kelulut ini memiliki ukuran fisik yang lebih kecil.

Sarangnya pun tidak berbentuk hexagonal, melainkan bola kecil. Selain itu, madu yang dihasilkan pun mengandung mineral lebih banyak.

2. Analisa Dahulu Tempat Budidaya yang Anda Pilih

Anda selanjutnya perlu memperhatikan tempat budidaya yang anda pilih untuk lebah trigona ini. Perlu anda ketahui bahwa lebah trigona menyukai bunga yang berukuran kecil dalam jumlah yang banyak.

Jadi jika anda ingin hasil dari budidaya lebah trigona anda melimpah, pilihlah lokasi budidaya dengan bunga kecil dan banyak. Biasanya wilayah tropis adalah wilayah yang tempat untuk ini.

3. Analisa Apakah Lebah Trigona Cocok dengan Lingkungan yang Anda Pilih

Saat akan memilih lebah trigona yang akan dibudidayakan, anda perlu tahu bahwa tidak semua lebah bisah menghasilkan madu di wilayah tertentu. Khusus untuk wilayah Asia Tenggara, hanya ada 60 jenis lebah trigona yang bisa menghasilkan madu dengan baik.

Biasanya jenis lebah trigona yang bisa berkembang dengan baik di Indonesia adalah lebah trigona itama atau levieceps.

4. Siapkan Sarang Lebah Trigona (Stup)

Jangan lupa juga bahwa anda perlu menyiapkan sarang lebah trigona. Tahukah kamu bahwa secara alamiah, lebah trigona akan memilih membuat sarang di dalam log kayu atau bekas sarang rayap?

Oleh sebab itu, jenis sarang lebah trigona yang harus anda siapkan adalah sarang yang terbuat dari kayu. Biasanya sarang ini dinamakan sebagai stup.

5. Mulai Pembiakan Lebah Trigona

Teknik yang paling penting dalam membudidayakan lebah trigona adalah pembiakan. Pembiakan pada lebah trigona dilakukan dengan propagasi. Propagasi adalah teknik memperbanyak koloni lebah trigona ini.

Namun tidak mudah bisa memecahkan koloni, bahkan lebih sering gagal daripada berhasil. Jadi pastikanlah anda melakukannya dengan hati-hati dan bisa melakukan pembiakan dengan berhasil.

6. Waspadai Hama atau Predator Lebah Trigona

Jika ingin teknik budidaya trigona ini berjalan dengan lancar, yang perlu kamu ketahui juga adalah apa saja hama atau predator yang mungkin mengganggu budidayanya.

Pasalnya, lebah trigona tidak memiliki sengat sehingga menjadi sasaran empuk bagi para predator. Oleh sebab itu, anda perlu mengusir jauh-jauh hama dan predator yang bisa mengganggu budidaya dari lebah yang satu ini.

7. Lakukan Pemanenan Lebah dengan Tepat

Lebah trigona ini bisa menghasilkan tiga produk, yaitu madu, polen, dan propolis. Seluruh hasil dari pemanenan hasil lebah ini sangat bernilai tinggi. Itulah sebabnya, anda harus melakukan teknik pemanenan dengan tepat.

Khususnya jika anda ingin memanen propolis, karena cara memanennya tidak semudah memanen madu. Harga dari propolis ini pun lebih mahal jika dijual.

8. Mulai Pemasaran Produk Hasil Lebah Trigona dengan Tepat

Setelah berhasil memanen produk lebah trigona dengan tepat, anda harus tahu bagaimana produk dapat dipasarkan dengan tepat. Pasarkan produk dari lebah trigona ini dengan bekerja sama dengan pihak yang terkait.

Bahkan jika memungkinkan, anda bisa mendapatkan dukungan pemerintah untuk membantu proses pemasaran dari madu ini, mengingat harganya yang lebih mahal juga dari madu lain.

9. Lakukan Perbandingan dengan Peternak Lain

Tahapan terakhir dalam budidaya lebah trigona adalah dalam hal evaluasi. Setelah selesai memanen dan memasarkannya, anda bisa melakukan studi banding ke peternak lain. Apa yang perlu anda perbaiki dari teknik budidaya yang sudah anda lakukan untuk memastikan kualitas produk panen lebih terjaga.

Berikut tadi beberapa hal dalam teknik budidaya lebah trigona yang perlu anda kuasai. Ada cukup banyak hal yang perlu anda perhatikan bukan? Namun sebenarnya, hal-hal tersebut tidak terlalu sulit dibandingkan dengan budidaya lebah lainnya. Hasilnya pun jauh lebih menguntungkan, jadi jangan sampai lewatkan kesempatan untuk belajar budidaya lebah yang satu ini!