Mengenal Lebih Jauh Lebah Trigona Biroi

Mengenal Lebih Jauh Lebah Trigona Biroi

Lebah Trigona Biroi – Sudah pernahkah anda mendengar bahwa ada lebah yang tidak menyengat bahkan tidak memiliki sengat sama sekali? Jenis lebah ini adalah lebah yang dinamakan sebagai trigona. Namun lebah trigona itu sendiri pun terbagi menjadi beberapa jenis lainnya.

Ada banyak jenis lebah trigona dan salah satunya adalah lebah trigona biroi. Setiap jenis lebah trigona ini memiliki perbedaan dalam hal karakteristik ataupun habitat hidupnya. Namun mungkin anda belum pernah mengetahuinya sebelum ini. Padahal, jenis lebah trigona yang satu ini merupakan lebah yang sangat memiliki potensial ekonomi tinggi.

Tidak hanya di Indonesia saja lebah trigona mulai menarik perhatian dan ketertarikan para peternak lebah. Bahkan di Jepang, budidaya dari lebah trigona biroi ini terus dilakukan karena banyaknya keuntungan yang bisa didapatkan.

Apa saja yang perlu anda ketahui mengenai lebah trigona biroi ini? Jika anda tertarik mengetahuinya lebih jauh, silahkan simak penjelasannya pada bagian di bawah ini.

Mengenal Lebih Jauh Lebah Trigona Biroi

Mengenal Lebih Jauh Lebah Trigona Biroi

Pelajari Karakteristik Lengkap dari Lebah Trigona Biroi Berikut!

Anda bisa mengenali lebih jauh lebah trigona biroi jika anda sudah mengenal apa saja karakteristik yang ada padanya. Karakteristik tersebut yang akan coba dijelaskan pada bagian berikut ini.

Jadi pastikan jangan lewatkan apapun informasinya yang akan diberikan berikut ini. Gunakan informasinya untuk membantu anda juga membedakan jenis lebah yang anda budidayakan nantinya.

1. Ciri Fisik yang Berbeda

Informasi pertama mengenai karakteristik lebah trigona yang perlu anda ketahui adalah ciri fisiknya. Biroi ini memiliki panjang tubuh yang lebih kecil, yaitu sekitar 3-4 mm.

Perbedaan antara lebah pekerja dan ratunya adalah pada warnanya. Selain itu, lebah pekerja memiliki kepala yang lebih besar, sedangkan lebah ratu memiliki perut yang lebih besar.

2. Radius Terbang

Lebah trigona biroi juga adalah jenis lebah yang berbeda dengan lebah lain dalam hal radius terbangnya. Radius terbang dari lebah trigona ini hanya berkisar antara 100-500 m saja.

Itulah sebabnya lebah jenis ini lebih menyukai bunga-bunga kecil yang mudah dijangkau. Jika bunganya terlalu besar, lebah ini pun akan mengalami kesulitan.

3. Habitat yang Disukainya

Tahukah kamu habitat seperti apa yang disukai lebah trigona sebagai tempat tinggal? Lebah trigona jenis biroi ini adalah lebah yang bertempat tinggal di daerah tropis dan subtropis.

Biasanya lebah ini mampu bertahan hidup di tempat dengan suhu rata-rata 32 derajat celcius. Selain itu, habitatnya pun harus dipenuhi batang pohon, lubang, dan ruas bambu.

4. Sumber Pakan dan Makanannya

Informasi lainnya yang perlu anda ketahui adalah mengenai sumber pakan dan makanan dari lebah jenis trigona biroi ini. Pastinya setiap lebah akan mengambil makanan dari bunga-bunga.

Namun anda harus tahu jenis bunga seperti apa yang disukainya. Bunga yang disukainya adalah bunga kecil. Lebah ini juga bisa mendapatkan pakan dari getah pohon, resin, dan polen lebah.

5. Produktivitas dari Madu

Jika anda ingin bisa memaksimalkan hasil dari ternak lebah trigona jenis biroi, maka anda perlu tahu berapa produktivitas madu yang dihasilkannya.

Perlu anda ketahui bahwa dalam 3 bulan, madu yang bisa dihasilkan oleh lebah ini adalah rata-rata sekitar 100 ml hingga 250 ml. Perbedaan banyak madu yang berhasil dihasilkan bergantung pada vegetasi lebah itu.

6. Produktivitas dari Propolis

Informasi lain yang tidak kalah penting adalah mengenai produktivitas propolis yang dihasilkan. Seperti diketahui, lebah ini tidak hanya menghasilkan madu tetapi juga propolis.

Bahkan propolis ini adalah hasil panen yang paling mahal. Berapa banyak yang bisa anda hasilkan dari lebah trigona setiap tahunnya? Anda bisa menghasilkan hingga 2 kg propolis per tahun.

7. Jangka Waktu Panen

Secara rata-rata, peternak lebah trigona bisa melakukan panen hasil ternaknya dalam waktu 3 sampai 4 bulan. Jadi anda bisa memperhitungkan berapa lama anda harus melakukan perawatan hingga akhirnya mendapatkan hasil panen untuk mendatangkan keuntungannya.

Tidak perlu khawatir karena dalam waktu panen tersebut, hasil yang akan didapatkan tidak akan mengecewakan.

8. Kandungan dalam Madu

Tidak kalah penting, anda juga perlu tahu bahwa lebah trigona biroi menghasilkan madu yang sangat berkualitas. Kualitas madu yang sangat tinggi ini membuatnya memiliki harga jual yang sangat mahal.

Jenis kandungan yang ada dalam madu ini antara lain adalah vitamin yang sangat kaya, mineral, dan enzim utama lainnya.

9. Kandungan dalam Propolis

Selain madu, propolis dari lebah trigona memiliki harga jual yang jauh lebih tinggi lagi. Hal ini juga tidak lepas dari kandungan dalam propolis itu sendiri.

Apa saja kandungan dalam propolis ini? Anda bisa mendapatkan resin yang kaya flavonoid di dalamnya. Anda juga bisa mendapatkan minyak volatil, asam amino, dan masih banyak jenis mineral lainnya.

10. Keistimewaannya

Informasi terakhir terkait lebah yang satu ini yang perlu anda ketahui adalah mengenai keistimewaannya. Seperti diketahui, karena lebah ini tidak memiliki sengat maka akhirnya lebah ini bisa menghasilkan propolis sebagai senjata pertahanan diri. Pemeliharannya pun tidak sulit karena ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Jadi itulah tadi penjelasan yang perlu anda ketahui terkait apa saja karakteristik dari lebah trigona biroi ini. Jadi jangan lewatkan seluruh informasi yang sudah disebutkan di atas dan kenali jenis lebah yang ingin anda budidayakan.

Informasi ini akan membuat anda lebih mudah dan tingkat keberhasilan budidaya pun menjadi lebih tinggi. Jadi segeralah budidayakan lebah trigona biroi ini secepatnya!