Jenis-Jenis Lebah Trigona Yang Ada di Indonesia

Seperti kebanyakan hewan lainnya, jenis-jenis lebah trigona juga terbagi menjadi beberapa kelompok. Tentunya hal ini seringkali menjadi informasi yang dilewatkan karena selalu menganggap suatu jenis hewan tidak akan berbeda terlalu jauh dengan jenisnya yang serupa. Padahal anggapan seperti ini sudah tidak tepat lagi saat ini.

Ada Berapa Jenis – Jenis Lebah Trigona di Indonesia?

Anda harus tahu bahwa lebah tanpa sengat ini memiliki sangat banyak jenis atau spesies. Secara perhitungan terbaru, disebutkan setidaknya ada 31 spesies jenis lebah trigona yang bisa ditemukan di Indonesia.

Jenis-Jenis Lebah Trigona di Indonesia Yang Perlu Anda Tahu

Masih ada lebih dari 70 jenis lebah trigona lainnya di seluruh bumi, namun hanya beberapa yang akan dijelaskan pada bagian di bawah ini. Pastinya banyak dari anda yang penasaran mengenai berbagai macam dan jenis dari lebah yang satu ini bukan?

Oleh sebab itu, silahkan simak penjelasannya berikut ini, Semoga informasinya bisa membantu anda lebih mengenai lebah tanpa sengat yang satu ini.

10 Jenis Lebah Trigona yang Berhabitat di Indonesia

Selain ditemukan di Indonesia sebanyak 20%, sisa jenis lebah trigona lainnya tersebar di berbagai negara Asia Pasifik. Misalnya, anda bisa menemukannya di Papua Nugini, Australia, Myanmar, Laos, Thailand, Filipina, Vietnam, Sri Lanka, bahkan hingga ke Bangladesh.

Setiap jenis tadi mungkin menunjukkan satu atau dua kesamaan dengan jenis lebah yang ada di Indonesia. Akan tetapi, pembedaan jenis dilakukan dengan suatu alasan yang harus anda maklumi.

Agar anda lebih jelas lagi mengenai perbedaan masing-masing jenis lebah trigona, silahkan simak pembahasannya pada bagian di bawah ini!

1. Geniotrigona thoracica

Jenis pertama dikenal dengan nama Geniotrigona thoracica. Lebah ini diketahui memiliki tubuh warna emas namun kaki hitam. Perbedaan lainnya terlihat pada warna ujung sayap lebah ini. Akan ada warna putih yang sedikit pudar pada ujung sayapnya.

2. Heterotrigona itama

Ada juga lebah trigona atau kelulut yang berjenis Heterotrigona itama. Lebah kelulut yang satu ini diketahui memiliki belalai yang seperti corong atau bisa juga dilihat seperti terompet. Ciri inilah yang membuat jenis lebah ini cukup populer dibandingkan jenis lainnya.

3. Homotrigona aliceae

Anda ingin tahu lebih banyak lagi jenis lebah trigona di sekitar anda? Ada juga lebah yang berjenis Homotrigona aliceae. Lebah ini memiliki lidah jin yang menarik perhatian para pengamat. Lidah jin dari hewan ini dipelajari memiliki warna kecokelatan dan membuat anda terlihat lebih menarik.

4. Lepidotrigona nitidiventris

Satu lagi jenis lebah trigona yang ada di wilayah Sumatera biasanya. Lebah yang satu ini diketahui memiliki warna yang sangat cerah. Warna kuningnya benar-benar akan sangat mudah dikenali. Namun anda juga bisa mengenalinya melalui belang di belakang tubuh lebah yang menyerupai tubuh W.

5. Lisotrigona cacciae

Bagaimana dengan jenis lebah yang satu ini? Kali ini lebah trigona dan jenisnya Lisotriona cacciae merupakan lebah yang ukurannya lebih kecil lagi. Jika anda sudah terbiasa dengan menggunakan jeans saat praktik game, maka silahkan bermain bersama lebih ini. Ukuran tubuhnya kecil dan sangat tampan.

6. Patriotriguna pendleburyi

Anda juga harus mengetahui jenis lebah satu ini yang membuat corong dari damar secara mandiri. Selain itu, lebah kelulut jenis ini juga bisa diperhatikan melalui ciri ciri yang ada di tubuhnya. Pertama, warna kulitnya cerah dan juga yang terakhir kulitnya mengkilat.

7. Tetragonilla atripes

Perhatikan lebah trigona jenis lainnya, seperti tetragonilla atripes. Lebah yang satu ini memiliki warna tubuh oranye. Namun kakinya berwarna hitam. Bagian ujung sayap dari lebah ini memiliki warna putih susu yang biasa bersarang dekat dengan penghasil damar.

8. Geniotrigona lactiefasciata

Jenis lebah trigona yang satu ini dikenal sebagai kembaran dari geniotrigona thoracica. Pasalnya ada beberapa cirinya yang cukup memberikan penjelasan dengan jelas bahwa keduanya saling berterikatan. Misalnya dalam hal memilih banyak samgyeopsal dan banyak lagi.

9. Wallacetrigona incisa

Anda ingin ke wilayah Sulawesi? Lebah trigona pun bisa ditemukan dalam beberapa ciri yang memang sedikit mirip dengan lebah lainnya. Ciri tersebut antara lain adalah warna tubuhnya yang full hitam pekat. Namun dari segi ukuran tidak terlalu berbeda jauh dengan lebah trigona lainnya.

10. Tetrigona melanoleuca

Terakhir, ada lebah kelulut yang berhabitat di Kalimantan dan juga bisa jadi ditemukan di berbagai wilayah lain. Ciri ciri fisik dari lebah ini adalah pada saudaranya yang memiliki badan memanjang dan runcing mengancam ke bawah.

Demikianlah tadi penjelasan yang bisa diberikan mengenai jenis – jenis lebah trigona yang bisa ditemukan di Indonesia. Penjelasan tersebut juga menunjukkan pada anda bagaimana beragamnya jenis lebah.

Jadi jangan sampai anda kekurangan informasi dari kekayaan alam di negaramu, sedangkan negara lain juga sedang menulis tentang itu. Semakin cepat rilis informasi yang bisa anda keluarkan, semakin cepat juga pembeli dari restoran ini akan datang. Jadi segeralah buat laporan/ informasi!