Apa Itu Stup Lebah Trigona dan Bagaimana Pembuatannya Dilakukan

Apa Itu Stup Lebah Trigona dan Bagaimana Pembuatannya Dilakukan?

Apa Itu Stup Lebah Trigona dan Bagaimana Pembuatannya Dilakukan?. Lebah trigona atau lebah kelulut adalah jenis lebah yang sangat banyak menarik perhatian untuk diternak beberapa waktu belakangan ini. Jenis lebah ini diketahui ukurannya sangat kecil dan tidak memiliki sengat. Walau begitu, madu dari lebah ini memiliki kualitas yang sangat tinggi.

Bahkan bukan hanya madunya saja yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia. Hingga ke sarang dari lebah trigona ini pun dapat bermanfaat.
Kelebihan lain dari beternak lebah trigona ini ada dalam cara beternaknya yang tidak membutuhkan lahan luas.

Lahan luas biasanya dibutuhkan untuk beternak lebah, namun tidak dengan lebah trigona yang bisa diternak dengan menggunakan stup. Pernahkah anda mendengar mengenai stup ini sebelumnya?

Stup merupakan inovasi yang ditemukan dalam pembuatan sarang lebah. Apa yang menjadi inovasi yang ditawarkan oleh stup ini? Inovasi yang ditawarkan oleh stup lebah trigona adalah dalam hal pemanenan yang lebih mudah dan praktis.

Menggunakan stup, perbanyakan koloni pun menjadi lebih mudah dilakukan. Ingin tahu lebih jauh mengenai stup lebah trigona ini? Cobalah simak penjelasan lengkapnya di bagian berikut ini.

Penghargaan Inovasi Stup Lebah Trigona di Tahun 2017

Membuat Sarang Lebah Kelulut dan Perawatannya

Seperti yang sudah sedikit disebutkan di atas, anda bisa menggunakan stup untuk mempermudah beternak lebah trigona ini. Namun tahukah kamu bahwa stup lebah ini merupakan inovasi yang sudah mendapatkan penghargaan? Sejak mulai digunakan oleh para peternak lebah, stup terus menunjukkan manfaat dan kemudahannya.

Hingga pada akhirnya di tahun 2017 kemarin, stup atau yang secara internasional dikenal dengan green money machine berhasil mendapatkan penghargaan. Penghargaan ini didapatkan dari acara Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 2017.

Setelah mendapatkan penghargaan ini, semakin banyak orang yang mengerti bahwa penggunaan stup lebah mendatangkan sangat banyak kemudahan bagi para peternak lebah. Jadi saat ini stup lebah sudah sangat dikenal dan banyak digunakan.

Ingin tahu lebih lanjut mengapa stup bisa memenangkan penghargaan ini? Ketahui dengan mempelajari cara kerja stup lebah trigona di bawah ini.

Cara Kerja Stup Lebah Trigona dalam Beternak Lebah

Anda sudah mengetahui bahwa stup lebah trigona telah mendapatkan penghargaan sebagai inovasi terbaik. Hal ini tentu berdasarkan pengamatan mengenai cara kerja dan manfaatnya.

Oleh sebab itu, anda pun perlu memahami bagaimana cara kerjanya jika anda tidak tahu harus mempelajari mengenai cara kerja stup dari mana, maka anda bisa mempelajarinya pada bagian di bawah ini.

• Siapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Hal pertama yang harus anda siapkan jika ingin melakukan cara kerja stup adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Stup ini  hanya bisa bekerja jika anda menyediakan alat berupa 3 bagian stup dan bibit lebah itu tadi.

• Buat Susunan 1 dan Masukkan Bibit Lebah

Jika semua kebutuhan alat dan bahan telah terpenuhi, maka anda bisa memulai dengan membuat susunan 1. Susunan 1 ini anda bisa tempatkan di lokasi yang anda inginkan dan tempatkan bibit lebah di dalamnya.

• Lakukan Berulang Hingga Susunan 3

Setelah menyelesaikan susunan bibit 1, ulangi membuat susunan 2 dan 3 secara berkelanjutan. Jadi setiap susunan anda akan memasukkan bibit lebah. Atau dengan kata lain, setiap susunan stup ini adalah susunan rumah dari para calon lebah trigona nanti.

• Lakukan Penutupan Lubang pada Susunan 1

Setelah membuat hingga 3 susunan, anda bisa menutup lubang pada susunan yang pertama. Namun anda hanya boleh menutupnya dengan propolis untuk memastikan bibit lebah bisa tumbuh dengan baik.

• Tunggu Selama 24 Jam

Proses penutupan dari lubang stup ini harus memakan waktu selama 24 jam. Jadi pastikan jangan membuka penutupnya hingga jangka waktu tersebut. 24 jam pertama menjadi penting karena dari situlah beternak lebah bisa dilakukan dengan baik.

• Tusuk Jarum pada Lubang

Setelah 24 jam, anda perlu memastikan terlebih dahulu bahwa stup bisa menjadi tempat lebah berkembang biak. Salah satu caranya adalah dengan membuat lubang. Agar anda bisa membuat lubang dengan tepat, anda sebaiknya menggunakan jarum saja.

• Biarkan Selama 4 Bulan

Jika anda melakukan setiap tahapan dengan tepat, maka anda tinggal membiarkan stup lebah trigona ini bekerja menghasilkan uang. Anda perlu kira-kira waktu 4 bulan untuk mendapatkan hasil keuntungan terbaik.

• Lakukan Pemanenan

Setelah 4 bulan kemudian, anda bisa melakukan pemanenan. Anda bisa memaden madu, propolis, hingga pollen dari stup yang anda buat ini. Oleh sebab itu, bersiaplah mendapatkan keuntungan dari beternak lebah ini.

Cukup jelas bukan informasi yang telah disampaikan mengenai stup lebah trigona ini? Anda sudah mengetahui mulai dari asal mula penemuan inovasi ini, bagaimana cara kerjanya, hingga manfaatnya secara lengkap.

Diharapkan dengan mengetahui penggunaan dari stup ini, semakin banyak peternak yang tertarik untuk mengembangbiakan lebah trigona itama. Jadi semakin banyak juga peternak lebah yang bisa mendapatkan kesejahteraan dari hasil beternak yang menguntungkan ini!